Tok! Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1445 Hijriyah pada 17 Juni 2024

×

Tok! Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1445 Hijriyah pada 17 Juni 2024

Bagikan berita
Sidang Isbat penentuan Idul Adha. (Foto: Kompascom)
Sidang Isbat penentuan Idul Adha. (Foto: Kompascom)

SINGGALANG - Tok! Pemerintah tetapkan Idul Adha 1445 Hijriyah pada 17 Juni 2024.

Hal itu disampaikan Kementerian Agama (Kemenag) melalui tim rukyat Kemenag beberapa waktu yang lalu secara hisab.

"Data hilal pada hari ini tentu telah memenuhi kriteria visibilitas mabims, kedua pada Jumat, 7 Juni 2024 yang bertepatan dengan tanggal 28 Zul Faidah 1445 Hijriyah," kata Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat dilansir dari YouTube Kompascom Reporter on Location, Sabtu, 8 Juni 2024.

Saiful menyebutkan, telah masuk laporan dari petugas rukyat di berbagai daerah Indonesia yang telah melaksanakan pengamatan hilal dan tim penerima laporan di pusat.

"Bahwa telah mengkonfirmasikan hilal terlihat di beberapa titik tersebut. Ketiga forum pun sepakat laporan rukyat yang masuk sesuai dengan data hisab yg telah dihitung," katanya.

Hal ini juga sesuai dengan kriteria yang diaplikasikan oleh negara-negara anggota mabims. Yaitu, Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Oleh karena itu, berdasarkan hisab posisi hilal di wilayah Indonesia yang sudah masuk kriteria mabims tersebut, serta adanya laporan hilal disepakati bahwa 1 Zulhijah tahun 1445 Hijriyah pertama jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024 Masehi.

"Insyallah hari Raya Idul Adha jatuh pada Senin 17 Juni 2024. Demikian hasil sidang Isbat yang baru saja kita lakukan dan kita sepakati bersama," katanya. (*)

Editor : RC 021
Sumber : YouTube Kompascom Reporter on Location
Bagikan

Berita Terkait
Terkini