Ribuan Ekor Hewan Kurban Diperiksa Jelang Iduladha di Pekanbaru Diintensifkan

×

Ribuan Ekor Hewan Kurban Diperiksa Jelang Iduladha di Pekanbaru Diintensifkan

Bagikan berita
Ribuan Ekor Hewan Kurban Diperiksa Jelang Iduladha di Pekanbaru Diintensifkan
Ribuan Ekor Hewan Kurban Diperiksa Jelang Iduladha di Pekanbaru Diintensifkan

SINGGALANG RIAU- Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru meningkatkan pemeriksaan hewan kurban untuk mencegah penyakit seperti lumpy skin disease (LSD) atau cacar sapi dan penyakit mulut dan kuku (PMK). Tim telah melakukan pemeriksaan ke sejumlah tempat peternakan di Pekanbaru.

"Yang masuk kota sudah sekitar 4.500 hewan kurban, sudah kita periksa. Ditambah peternak dari Kota Pekanbaru sekitar 1.000, jadi ada sekitar lima ribu lebih hewan kurban yang telah kita periksa," kata Kepala Distankan Kota Pekanbaru M Firdaus dikutip Selasa (10/6/2024).

Menurut Firdaus, hewan yang akan dijadikan kurban harus memenuhi syarat, termasuk dari segi umur, kesehatan, dan kondisi fisik.

Ia menambahkan bahwa pemantauan di lapangan masih terus dilakukan timnya karena hewan kurban masuk ke Kota Pekanbaru secara bertahap.

"Dari pemantauan di lapangan semua kondisi hewan dalam kondisi sehat, bebas dari penyakit mulut dan kuku, maupun penyakit LSD," imbuh Firdaus

Sementara itu, kebutuhan hewan kurban di Kota Pekanbaru pada tahun 2024 mencapai sekitar 9 ribu ekor. Banyaknya hewan kurban yang masuk ke Kota Pekanbaru berasal dari luar daerah seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara, Lampung, bahkan dari luar Pulau Sumatera.

Distankan Pekanbaru juga memastikan bahwa hewan kurban yang masuk ke Kota Pekanbaru telah memenuhi standar kesehatan yang ditetapkan. Tim dari distrik telah melakukan pemeriksaan kesehatan dan fisik secara menyeluruh terhadap lebih dari lima ribu ekor hewan kurban.

Pemeriksaan dilakukan di tempat peternakan dan penampungan hewan kurban. Langkah ini bertujuan untuk memastikan keselamatan dan kualitas hewan kurban yang diserahkan oleh masyarakat.

Diharapkan, intensifikasi pemeriksaan ini dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan melaksanakan ibadah kurban di Kota Pekanbaru. Ini juga menunjukkan komitmen pemerintah setempat dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Walaupun tantangan masih ada, namun dengan kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan peternak, diharapkan Hari Raya Idul Adha dapat dilaksanakan dengan lancar dan penuh keberkahan di Kota Pekanbaru.(ihsan)

Editor : rahmat
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini