Cabai dan Beras Sumbang Kenaikan Inflasi di Pekanbaru

×

Cabai dan Beras Sumbang Kenaikan Inflasi di Pekanbaru

Bagikan berita
Cabai dan Beras Sumbang Kenaikan Inflasi di Pekanbaru
Cabai dan Beras Sumbang Kenaikan Inflasi di Pekanbaru

SINGGALANG RIAU - Angka inflasi Kota Pekanbaru naik tipis sebesar 0,01 persen pada bulan Juni 2024. Salah satu yang mempengaruhi inflasi naik akibat masih tingginya harga cabai dan beras. Diharapkan, harga cabai dan beras kembali turun secara perlahan.

"Hasil evaluasi kami, harga beras dan cabai masih menjadi kontribusi terbesar yang mempengaruhi inflasi. Kami akan mengoptimalkan penyaluran beras SPHP ini," kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Kamis (4/7).

Apalagi saat ini pemerintah juga telah menaikan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk beras SPHP. Saat ini beras subsidi tersebut dibanderol dengan HET Rp13.100 per kilogram.

"Kami tak ingin beras SPHP ini dijual ke pedagang. Karena, ini yang memunculkan persoalan," terang Ingot.

"Sehingga, kami bisa mengurangi permintaan atas beras premium yang harganya tinggi. Supaya, harga beras premium bisa dikendalikan dan inflasi bisa lebih stabil ke depannya," jelas Ingot.

Ingot menambah, saat ini harga bahan pokok lainnya juga masih tinggi tetapi stabil. Harga bahan pokok belum turun drastis tapi tak juga naik signifikan.

"Saya kira kondisi ini cukup baik. Kami harap bahan pokok turun secara perlahan-lahan," harap Ingot.

Ia mencontohkan, untuk harga cabai masih Rp60.000 per kilogram saat ini. Biasanya, harga cabai antara Rp35.000 hingga Rp40.000 per kilogram.

Editor : rahmat
Bagikan

Berita Terkait
Terkini