Jadwal Pilkada Serentak Telah Diluncurkan, Ini Arahan Pj Sekdaprov Riau

×

Jadwal Pilkada Serentak Telah Diluncurkan, Ini Arahan Pj Sekdaprov Riau

Bagikan berita
Jadwal Pilkada Serentak Telah Diluncurkan, Ini Arahan Pj Sekdaprov Riau
Jadwal Pilkada Serentak Telah Diluncurkan, Ini Arahan Pj Sekdaprov Riau

PEKANBARU - Jadwal dan tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Riau telah resmi diluncurkan. Dengan begitu, Pj Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Indra, memberikan arahan penting terkait persiapan pesta demokrasi di Bumi Lancang Kuning.

Diterangkan, Pj Sekdaprov Riau, Indra, bahwa ia menggarisbawahi pentingnya menjalankan tahapan pemilihan kepala daerah dengan penuh tanggung jawab dan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku. Oleh karena itu, setiap pihak dapat untuk bersiap-siap dan bekerja sama dalam menyelenggarakan proses demokrasi dengan baik.

“Kesuksesan Pilkada serentak 2024 bukan hanya menjadi tanggung jawab KPU, Bawaslu, TNI/ Polri, dan pemerintah saja. Tetapi ini menjadi tanggung jawab bersama serta dukungan seluruh elemen masyarakat,” terangnya di di Halaman Anjungan Seni Idrus Tintin, Kota Pekanbaru, Senin (20/05/2024) malam.

Dijelaskan, proses Pilkada merupakan momentum penting bagi masyarakat Riau untuk menentukan pemimpin yang akan memimpin daerah dalam lima tahun ke depan. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya menjaga netralitas, keadilan, dan transparansi dalam setiap tahapan pemilihan.

“Agar berjalan secara baik lancar dan damai, untuk itu kami mengajak seluruh masyarakat Riau dapat mensukseskan pilkada dengan berpartisipasi aktif menggunakan hak pilihnya. Waspadai black campaign, money politik, berita hoax, dan isu sara serta menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat selalu harmonis,” jelasnya.

Dirinya mengaskan, semua pihak, baik penyelenggara, peserta, maupun masyarakat, dapat bekerja sama dan menjunjung tinggi semangat demokrasi serta menjalankan proses Pilkada ini dengan aman, tertib, dan damai. Terlebih seluruh pegawai di ruang lingkup Pemprov Riau harus berkomitmen menjunjung netralitas.

“Pemprov Riau juga berkomitmen untuk menjaga netralitas ASN pada perhelatan pesta demokrasi ini dengan telah mengeluarkan surat edaran Gubernur Riau nomor 800/BKD/6893 tentang pembinaan dan pengawasan netralitas pegawai aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau,” tegasnya.

Diungkapkan, dalam menyukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak, Pemprov Riau telah menggelontorkan anggaran APBD sebesar 133 miliar untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Riau. Kemudian untuk Bawaslu Provinsi Riau dialokasikan dana hibah sebesar 31 miliar.

“Kesuksesan Pemilu 2024 merupakan salah satu program yang ada pada masa pemerintahan ini untuk itu pemerintah provinsi Riau tahun ini, kami juga sudah menyiapkan anggaran 2024 kepada Polda Riau sebesar 18 miliar dan untuk Makorem 031/Wira Bima sebesar 11 miliar,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Riau, Rusidi Rusdan, mengingatkan pentingnya mematuhi peraturan pelaksanaan Pilkada Riau telah ditetapkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dimulai dari tahapan pendaftaran pasangan calon hingga pelaksanaan pemungutan suara. Sehingga, sangat diperlukan partisipasi publik untuk mensukseskan Pilkada Riau 2024.

Editor : rahmat
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini