KONI Riau Terima Penghargaan dari Marciano Norman, Ini penjelasannya

×

KONI Riau Terima Penghargaan dari Marciano Norman, Ini penjelasannya

Bagikan berita
KONI Riau Terima Penghargaan dari Marciano Norman, Ini penjelasannya
KONI Riau Terima Penghargaan dari Marciano Norman, Ini penjelasannya

SINGGALANG RIAU- Komite Olahraga Nasional (KONI) Provinsi Riau, menerima penghargaan dari KONI Pusat, atas implementasi sistem informasi dan pengumpulan dan pengelolaan data (Pulata) olaharaga dengan berbasis IT, pada pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XXI, serta menggunakan data pertandingan juga dengan sistem IT.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, pasa acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI se Indonesia, di Hotel Pulman, Jakarta, Rabu (3/6). Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi KONI pusat terhadap KONI Provinsi yang telah menjalankan program keolahragaan dengan teknologi.

“Alhamdulillah, KONI Provinsi Riau, menerima penghargaan dari KONI pusat. Intinya adalah apresias terhadap KONI Riau dengan penerapan sistem penataan Cabor olaharaga berbasis IT, terutama penggunaan sistem IT untuk pertandingan. Seperti Porwil menggunakan sistem smartcom KONI Pusat,” ujar Ketua Umum KONI Riau, Iskandar Hoesin.

Dijelaskan Iskandar Hoesin, pada kesempatan tersebut KONI Pusat menyampaikan, bahwa KONI Provinsi Riau sebagai trigger atau pemicu dalam pengembangan program olahraga berbasis IT. Sebagaimana telah dijalankan oleh KONI pusat, sehingga nantinya seluruh KONI se Indonesia juga mengikuti langkah yang telah dijalankan oleh KONI Provinsi Riau.

“Kita juga dianggap sebagai trigger pengembangan dan data Cabor berbasis data base, KONI Pusat mengapresiasi KONI Riau, dimana data Cabor itu sudah berbasis IT. Dan diharapkan KONI se Indonesia juga melakukan hal yang sama. Sehingga satu data bagi KONI se Indonesia,” jelasnya.

“Sistem yang kita gunakan ini kedepannya akan terintegrasi antar data di KONI Provinsi dengan KONI pusat satu data. Dan ini akan dikelola KONI pusat. Data yang sifatnya memang open data bisa dibuka, dan ada data yang dibatasi melalui pasword,” tambahnya.

Selain KONI Riau, KONI pusat juga menyerahkan penghargaan kepada KONI Provinsi Jambi dan Kota Tangerang, yang juga menjalankan implementasi sistem informasi berbasis IT.

Untuk diketahui, Rakernas KONI Pusat ini dibuka oleh Menpora RI, Dito Ariotedjo, Rakernas KONI 2024 membahas beberapa hal, diantaranya menghadirkan beberapa pembicara mulai dari Pejabat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, dan Kementerian Perindustrian RI.

Keberadaan seluruh pembicara diharapkan mampu meningkatkan wawasan peserta Rakernas KONI 2024 dalam mengelola organisasi pembina olahraga. Meningkatkan wawasan disertai implementasi, akan membuat organisasi olahraga semakin baik.(ihsan)

Editor : rahmat
Bagikan

Berita Terkait
Terkini