PHR Luncurkan Program Konservasi Gajah dan Mangrove untuk Selamatkan Bumi

×

PHR Luncurkan Program Konservasi Gajah dan Mangrove untuk Selamatkan Bumi

Bagikan berita
PHR Luncurkan Program Konservasi Gajah dan Mangrove untuk Selamatkan Bumi
PHR Luncurkan Program Konservasi Gajah dan Mangrove untuk Selamatkan Bumi

PHR turut andil dalam menjaga konservasi alam dan pelestarian habitat Gajah Sumatra (Elephants maximus sumatranus) di sekitar wilayah operasi di WK Rokan. Upaya konservasi Gajah Sumatra diperkuat dengan Program Agroforestri yang melibatkan masyarakat di sekitar area jelajah (home range) gajah liar.

Bersama penggiat pecinta alam Rimba Satwa Foundation (RSF) dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, PHR mendorong pemulihan habitat gajah dengan menanam tanaman pakan di area perlintasan gajah serta menanam tanaman yang rendah gangguan atau tidak disukai gajah namun bernilai ekonomi tinggi bagi masyarakat.

“Inisiatif program agroforestri ini memiliki manfaat yang multi dimensi. Selain mendukung pengurangan jejak karbon melalui penanaman pohon, gerakan ini sekaligus menjaga keanekaragaman hayati, memberdayakan ekonomi masyarakat serta memperbesar ruang agar gajah dapat hidup harmonis berdampingan masyarakat,” ucap Rudi.

Adapun luas area yang telah ditanam saat ini sekitar 225 hektar. Membentang di dua kantong populasi gajah di kawasan hutan Giam Siak Kecil, Kabupaten Siak dan Balairaja, Kabupaten Bengkalis. Sedangkan untuk penanaman pohon pengkayaan pakan gajah mencapai 400 hektar.

Upaya konservasi gajah juga dilakukan secara terintegrasi melalui pemantauan populasi gajah. PHR dan RSF melakukan pemasangan lima unit GPS Collar untuk gajah liar pada habitat Minas dan Duri. Sejauh ini, pemasangan GPS Collar yang dapat mendeteksi pergerakan gajah liar tersebut dinilai berjalan cukup efektif mengurangi interaksi negatif satwa gajah dengan masyarakat sekitar.

Tidak hanya melindungi gajah sebagai satwa endemik Sumatera. PHR dengan mengusung konsep kolaborasi Pentahelix menggandeng masyarakat dalam mendukung konservasi mangrove di Dumai. Kegiatan perlindungan tanaman jenis hutan bakau ini menunjukkan perkembangan cukup baik.

Program konservasi mangrove berjalan sejak 2022 dengan luas kawasan awal 2.6 Hektare, namun saat ini terus berkembang mencapai 24 Hektare pada tahun 2024. Selain berperan dalam menjaga keseimbangan ekosistem, konservasi mangrove bahkan telah menciptakan sirkular ekonomi sebagai ekoeduwisata.

Tidak hanya ramai dikunjungi wisata lokal, Kawasan Mangrove Bandar Bakau ini juga kerap didatangi peneliti dari luar negeri. Kawasan mangrove ini diprediksi mampu mengurangi emisi karbon hingga 1.268 Ton CO2Eq atau setara emisi dari 845 kendaraan

Selain konservasi gajah dan mangrove, melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PHR terus berkomitmen dalam menjaga alam dan lingkungan. Berkolaborasi dengan LPPM Universitas Lancang Kuning (Unilak) dan LPPM Universitas Muhammadiyah Riau UMRI), PHR telah membina kelompok bank sampah, bahkan telah berkembang baik inti maupun unit termasuk Sekolah Adiwiyata.

Bank sampah binaan PHR telah menghasilkan sejumlah produk turunan mulai organik hingga anorganik seperti Eco Enzym (EE), Azolla, Pupuk Lindi, Maggot, Minyak Jelantah serta berbagai produk kerajinan dari hasil daur ulang sampah serta ecobrick. Selain melakukan pengembangan produk turunan, PHR Bersama LPPM UMRI juga terus mengembangkan unit-unit baru dari Bank Sampah.

Editor : Mhd Ihsan
Bagikan

Berita Terkait
Terkini