Keuntungan dan Kerugian 7 Aturan Pinjol Versi OJK, Bunga Turun 75 Persen?

×

Keuntungan dan Kerugian 7 Aturan Pinjol Versi OJK, Bunga Turun 75 Persen?

Bagikan berita
Ilustrasi aturan Pinjol versi OJK 2024 (foto: ideogram AI)
Ilustrasi aturan Pinjol versi OJK 2024 (foto: ideogram AI)

5. Aturan Penagihan

Di antaranya yaitu pengetatan dalam beretika, tidak menggunakan ancaman serta kekerasan yang mempermalukan debitur hingga tindakan fisik hingga tekanan verbal sampai intimidasi & merendahkan harga diri peminjam.

"Yang boleh ditagih hanya orang yang ambil pinjaman, bukan keluarga atau bahkan orang terdekat. Apalagi teman," demikian keterangan Andre Tuwan dalam sebuah video Youtube berjudul, "7 Aturan Terbaru Tentang Pinjaman Online Terpercaya Legal OJK."

6. Kontak Darurat

Keenam terkait aturan kontak darurat ini, harus disetujui pemilik sebelum dicantumkan oleh debitur saat pengajuan pinjaman. Kalau debitur tak bisa dihubungi, kontak darurat boleh menolak pertanyaan dari Pinjol.

7. Wajib Asuransi

Untuk mencegah resiko gagal bayar debitur, begitu pula dengan kejadian tidak terduga seperti kecelakaan hingga kematian. Tapi, bunga pinjaman yang sempat turun jadi nambah cicilan karena ada pembiayaan asuransi.

Keuntungan Aturan OJK Terkait Pinjol

Nominal pembayaran cicilan bunga pinjol per 2024 tersebut hampir menyamai bunga pinjaman Bank Digital, apalagi Pinjol biasanya lebih cepat cair dan tidak punya banyak syarat seperti pinjaman Bank lain.

Selain itu, debitur juga yang Galbay juga diuntungkan sebab pembayaran denda keterlambatan maksimal tidak melebihi nominal pencairan. Artinya kalau Galbay sejuta, total bayarannya hanya Rp2 jutaan saja.

Berikutnya, debitur juga diuntungkan dengan aturan nomor 4 dan 5 karena penagihan Debt Collector dari pihak resmi dan tidak akan merugikan debitur dari segi fisik dan mental atau pun mempermalukan di depan umum.

Editor : RC 021
Bagikan

Berita Terkait
Terkini