Hal ini bertujuan untuk melindungi privasi debitur dan mencegah potensi pelecehan informasi pribadi.
2. Tidak boleh menggunakan kata kasar
Bagi seorang Debt Collector atau DC penting untuk menjaga etika komunikasi. Mereka itu dilarang menggunakan bahasa kasar, ancaman atau intimidasi.
Dalam upaya mereka untuk menagih utang komunikasi yang santun dan profesional sangat diperlukan dalam menjalankan tugas DC.
3. Tidak diperbolehkan menghubungi kontak darurat
Debt Collector juga dilarang untuk menghubungi kontak darurat secara berlebihan atau mengganggu.Di sini berarti mereka harus mematuhi batasan tentang frekuensi dan waktu panggilan yang wajar mengganggu kontak darurat dengan panggilan yang terlalu sering atau pada jam-jam yang tidak pantas dapat dianggap sebagai pelanggaran terhadap aturan OJK.
So, Anda merasa bahwa seorang Debt Collector telah melanggar batasan-batasan ini Anda memiliki hak untuk melaporkan perilaku mereka kepada OJK, ataupun pihak yang berwenang, atau mencarai bantuan hukum.
Dalam interaksi dengan Debt Collector, Anda penting juga untuk mengetahui hak-hak Anda dan tidak ragu untuk melindungi diri dari penyalahgunaan atau pelanggaran hukum.
DC harus mematuhi aturan dan tidak mengintimidasi atau memaksa Anda untuk bertindak di luar kewenangan.
Editor : RC 021Sumber : YouTube Sekilas Pinjol